TRAINING HOSPITALITY

Deskripsi

Studi EHL Hospitality Insights (2025) menunjukkan bahwa hotel yang berinvestasi pada training staf mengalami peningkatan signifikan dalam tingkat kepuasan tamu dan efisiensi operasional. Oleh sebab itu, kebutuhan akan pengembangan kompetensi layanan melalui training yang terstruktur, konsisten, dan berorientasi pengalaman tamu menjadi semakin penting bagi seluruh pelaku industri hospitality. Saat ini, industri hospitality modern menekankan bahwa kecakapan teknis harus didukung oleh kecerdasan emosional (EQ) tinggi, sebab 86% pelanggan rela membayar lebih untuk pengalaman yang berkesan dan personal. Pengalaman yang berkesan hanya dapat diberikan oleh staf yang terampil dalam membaca bahasa tubuh, mengelola konflik, dan menerapkan empati lintas budaya.

Training hospitality ini dirancang untuk membekali peserta dengan keterampilan praktis dan mindset layanan prima. Keterampilan ini mulai dari cara menyambut dan berinteraksi dengan tamu, komunikasi efektif, etika pelayanan, hinga operasional hotel dan restoran. Hal tersebut mampu memberikan pengalaman tamu yang menyenangkan, responsif terhadap kebutuhan, dan menciptakan lingkungan yang hangat dan berkesan. Manfaat tersebut dapat secara langsung meningkatkan citra merek dan meningkatkan loyalitas pelanggan.

Pelatihan yang membahas mengenai training hospitality tidak tuntas apabila dipelajari dalam hitungan jam, diperlukan waktu tersendiri dan bimbingan yang profesional.

Tujuan

Dengan mengikuti pelatihan hospitality  ini, diharapkan peserta lebih dapat lebih mendalami pengetahuan mengenai hospitality. Adapun tujuan tersebut diantaranya sebagai berikut.

  1. Meningkatkan kualitas interaksi dan komunikasi dengan customer menjadi lebih profesional
  2. Menguasai teknik penanganan keluhan dan resolusi masalah dengan profesional
  3. Menciptakan pengalaman tamu yang positif dan konsisten untuk meningkatkan loyalitas.
  4. Meningkatkan penjualan tidak langsung (upselling dan cross-selling) melalui layanan.
  5. Memahami standar operasional prosedur (SOP) layanan prima pinternasional

Materi

Pada pelatihan hospitality ini, materi yang didapatkan adalah:

  1. Pengenalan industri hospitality
  2. Standard excellent service
  3. Komunikasi efektif dalam layanan
  4. Customer handling & complaint management
  5. Guest experience management
  6. Operasional hotel & frontline service
  7. Cross-cultural service
  8. Etika dan profesionalisme hospitality
  9. Digital & modern hospitality
  10. Studi kasus

Training Hospitality

Peserta

Training hospitality ini sangat cocok untuk diikuti peserta dari kalangan :

  1. Staf hotel/resort mulai dari front desk (resepsionis), housekeeping, dan layanan tamu
  2. Karyawan restoran dan kafe atau layanan makanan & minuman
  3. Awak kabin dan pesonal maskapai penerbangan
  4. Staf layanan pelanggan di sektor pariwisata (biro perjalanan, pemandu wisata)
  5. Karyawan di industri ritel mewah yang berinteraksi langsung dengan pelanggan

Instruktur

Training hospitality  yang diselenggarakan, akan dilatih oleh instruktur yang berpengalaman dalam bidangnya:

Instruktur yang mengajar pelatihan hospitality ini adalah instruktur yang berkompeten di hospitality baik dari kalangan akademisi maupun praktisi.

Metode Pelatihan

Pelatihan ini menggunakan metode yang interaktif dan aplikatif, sehingga peserta dapat lebih mudah memahami materi. Instruktur berpengalaman akan menyampaikan materi secara sistematis, sementara peserta akan mengikuti diskusi kelompok untuk mendalami konsep. Selain itu, pelatihan ini juga mencakup simulasi serta studi kasus yang membantu peserta memahami penerapan konsep secara langsung dalam dunia kerja. Dengan pendekatan ini, mereka tidak hanya memperoleh wawasan teoretis, tetapi juga mengembangkan keterampilan praktis yang dapat mereka terapkan sesuai dengan kebutuhan industri.

TRAINING CALENDAR 2026 – PROTRAIN.ID

🟩Januari 2026

  • Batch 1: 06-08 Januari 2026
  • Batch 2: 20-22 Januari 2026

🟪Februari 2026

  • Batch 1: 03-05 Februari 2026
  • Batch 2: 17-19 Februari 2026

🟦Maret 2026

  • Batch 1: 10-12 Maret 2026
  • Batch 2: 24-26 Maret 2026

🟥April 2026

  • Batch 1: 07-09 April 2026
  • Batch 2: 21-23 April 2026

🟨Mei 2026

  • Batch 1: 05-07 Mei 2026
  • Batch 2: 19-21 Mei 2026

🟫Juni 2026

  • Batch 1: 02-04 Juni 2026
  • Batch 2: 16-18 Juni 2026

🟧Juli 2026

  • Batch 1: 07-09 Juli 2026
  • Batch 2: 21-23 Juli 2026

🟩Agustus 2026

  • Batch 1: 04-06 Agustus 2026
  • Batch 2: 18-20 Agustus 2026

🟪September 2026

  • Batch 1: 01-03 September 2026
  • Batch 2: 15-17 September 2026

🟦Oktober 2026

  • Batch 1: 06-08 Oktober 2026
  • Batch 2: 20-22 Oktober 2026

🟥November 2026

  • Batch 1: 03-05 November 2026
  • Batch 2: 17-19 November 2026

🟨Desember 2026

  • Batch 1: 08-10 Desember 2026
  • Batch 2: 15-17 Desember 2026

Catatan : Jadwal dapat menyesuaikan dengan kebutuhan anda.

Investasi dan Lokasi Pelatihan

  • Jakarta ( 6.500.000 IDR / participant)
  • Bandung ( 6.000.000 IDR / participant)
  • Surabaya ( 7.500.000 IDR / participant)
  • Makassar ( 7.500.000 IDR / participant)
  • Yogyakarta ( 6.000.000 IDR / participant)
  • Bali ( 7.500.000 IDR / participant)
  • Lombok ( 7.500.000 IDR / participant)
  • Batam ( 7.500.000 IDR / participant)

Catatan :

*Syarat dan Ketentuan Berlaku
*Harga tersebut berlaku untuk minimal DUA participant
*Apabila perusahaan membutuhkan paket in house training, anggaran investasi pelatihan dapat menyesuaikan dengan anggaran perusahaan.

Fasilitas Pelatihan

  1. Training kit (dokumentasi foto, blocknote, ATK, flashdisk, dll).
  2. 2x coffee break & 1 lunch (makan siang).
  3. Training room full AC dan multimedia.
  4. Free bag/backpack (tas training).
  5. Soft file foto training
  6. Sertifikat pelatihan.
  7. Souvenir ekslusif.
  8. City tour (optional)

FAQ tentang Pro Train IDN

Q : Berapa minimal running pelatihan ini ?
A : Pelatihan ini akan running idealnya minimal dengan 3 peserta, tetapi bisa disesuaikan dengan kebutuhan peserta

Q : Apakah bisa jika saya hanya ingin pelatihan sendiri aja / private course ?
A : Bisa, kami akan membantu menyelenggarakan pelatihan 1 hari jika ada persetujuan dari klien

Q : Dimana saja pelatihan biasanya di selenggarakan?
A : Pelatihan kami selenggarakan di beberapa kota besar di Indonesia seperti Bandung, Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Bali, Lombok dan beberapa negara seperti Singapore dan Malaysia

Q : Apakah bisa diselenggarakan selain di kota lain?
A : Penyelenggaraan pelatihan bisa diadakan di kota lain dengan minimal kuota 5 orang setiap kelas

Q : Apakah bisa juga diselenggarakan secara IHT/ In House Training di Perusahaan klien ?
A : Bisa diselenggarakan secara IHT di Perusahaan klien

Q : Apakah jadwal bisa disesuaikan dengan kebutuhan klien ?
A : Jadwal pelatihan dapat di sesuaikan dengan kebutuhan klien.

AYO SEGERA DAFTARKAN DIRI ANDA

Syarat dan Ketentuan Berlaku

*Artikel ini disusun oleh Esti Istiqomah, penulis yang aktif sejak 2025. Fokus karyanya saat ini ialah menyusun artikel pelatihan untuk platform Pro Train IDN. Menjadi seorang content writer web di perusahaan pelatihan, Esti berusaha untuk menghadirkan konten yang informatif, komprehensif, serta mudah dipahami setiap pembaca. Untuk konsultasi lebih lanjut seputar progam ini, tim kami siap melayani Anda melalui kontak yang tersedia.

Share your love